Kalau Sabun Bisa, Mengapa Harus Pake Detergent?

BEBERAPA minggu ini saya berkutat dengan cucian kotor, terutama cucian bayi, hehe. Menurut kebiasaan masyarakat kami, mencuci baju kotor bayi merupakan kewajiban seorang ayah. Tentu saja model ‘ayah baru’ seperti saya merasa tertantang dengan tugas tersebut. hehehe, meskipun lama-lama nyucinya pake mesin cuci juga.

Baju kotor bayi bisanya tidak cuma sekedar kotor, karena kalau gak kena pipisnya ya kena pup nya dedek bayi. Oleh karena itu, bagi bapak-bapak, mencuci baju bayi menjadi tantangan sendiri, karena banyak kejutan. Bayi yang baru lahir beberapa hari biasanya kotorannya berwarna hitam, namun seiring berlalunya waktu kotorannya akan menguning seperti kotoran manusia dewasa.

Untungnya, kotoran dedek bayi baunya khas, dan berbeda dari bau kotoran orang dewasa. Jadi mungkin disebabkan karena itu adalah kotoran anak sendiri, saat mencuci saya tidak merasa jijik sedikit pun.

Nah, sedikit berbagi cerita tentang mencuci pakaian bayi. Pertama jangan pake detergent sembarangan, terutama karena kulit bayi masih sensitif. Jangan pake detergent yang biasa dipakai untuk mencuci baju orang dewasa, gunakan detergent khusus bayi, hehe.

Meskipun sudah pake detergent khusus bayi, jangan berharap banyak sama kualitasnya. Karena tetap saja tidak bisa cukup sekali kucek, harus dikucek-kucek puluhan kali agar kotoran dedek bayi bisa ilang. Nah, biar tidak capek mengkucek, kita bisa menggunakan sabun mandi, sabun batangan (bar soap) yang biasa digunakan untuk mandi orang dewasa. Sebut saja GIV, Lux atau sabun mandi lainnya, heheheh. 

Jadi sabun mandi batangan selain bisa membersihkan kotoran/daki pada orang dewasa saat mandi, sabun batangan juga bisa memudahkan saat kita mencuci kotoran bayi. Tidak cuma kotoran bayi, kotoran yang melekat pada baju pada kenyataannya akan dengan mudah dibersihkan dengan sabun batangan.

Jadi, kalau ada sabun batangan, mengapa harus pake detergent? hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s