Jangan Bilang Tidak Pada Amnesti Pajak

TARGET penerimaan pajak tahun 2013 ini, ditetapkan Rp1.360 triliun. Bukan angka yang kecil memang, bahkan bisa dibilang terlalu fantastis. Dan para pegawai pajak harus bekerja ekstra keras untuk merealisasikannya atau tahun depan penghasilan pegawai pajak kembali dipotong seperti yang terjadi di tahun 2016 ini. Bagi pegawai pajak, usaha untuk merealisasikan penerimaan pajak adalah pertaruhan dapur keluarga dan masa depan istri dan anak-anak.

Amnesti pajak yang digadang-gadang bisa membawa pulang Rp1.000 triliun dari repatriasi dan Rp4.000 triliun dari deklarasi diharapkan bisa berkontribusi sebesar Rp165 triliun bagi penerimaan pajak. Kalau mau jujur, dengan atau tanpa amnesti pajak, tugas Ditjen Pajak masih tetap berat. Jika target amnesti pajak berhasil, Ditjen Pajak masih harus mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp1.195 triliun.

Tentu saja pencapaian target penerimaan pajak tersebut bukanlah semata-mata tugas Ditjen Pajak. Tetapi tugas semua orang yang merasa menjadi warga negara Indonesia. Tugas seluruh kementerian, karena penerimaan pajak merupakan imbas dari kondisi iklim politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan. Jika iklim politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan mendukung bagi pertumbuhan ekonomi yang baik, terciptanya iklim investasi yang kondusif, maka akan berdampak baik bagi penerimaan pajak. Demikian juga sebaliknya.

Namun sekali lagi, amnesti pajak adalah persoalan momentum. Sekarang adalah momentum yang baik untuk membuktikan bahwa kita juga peduli pada pembangunan bangsa dan negara yang membutuhkan dana yang tidak sedikit seperti sekarang ini. Saat ini, negara memanggil seluruh warga negaranya untuk turut serta memanfaatkan amnesti pajak.

Jadi, jangan bilang tidak pada amnesti pajak. Ungkapkan harta yang belum kita laporkan, hitung dan bayar uang tebusan, lalu kelegaan itu datang setelah kita mendapatkan surat keterangan bahwa kita dibebaskan dari segala bentuk pidana perpajakan.

Jangan bilang tidak pada amnesti pajak.

Advertisements

One thought on “Jangan Bilang Tidak Pada Amnesti Pajak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s