Laporan Keuangan yang dilaporkan dalam SPT Tahunan PPh Badan

PT A merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, berdiri sejak 7 tahun yang lalu di Indonesia. PT A juga menjadi pemegang saham pada PT B (62%), PT C (25%) dan PT D (80%). Sehingga hubungan kepemilikan antara PT A, PT B, PT C dan PT D dapat digambarkan pada grafik berikut ini:

pt a.jpg

PT A meng-hire Kantor Akuntan Publik Purwanto, Sono dan Edi dalam penyusunan laporan keuangannya. Laporan Keuangan yang disusun merupakan laporan keuangan konsolidasian antara PT A dengan anak-anak usahanya.

Tuan Andi selaku Direktur Utama PT A, saat ini tengah mempersiapkan SPT Tahunan PPh Badan PT A tahun 2015. Namun, ketika harus melampirkan laporan keuangan, Tuan Andi sedikit kebingungan, laporan keuangan yang harus dilampirkan dalam SPT Tahunan laporan keuangan konsolidasian atau laporan keuangan PT A tersendiri?

Berikut jawabannya:

Data dan informasi yang harus dimasukkan Tuan Andi kedalam SPT Tahunan PPh Badan tahun 2015 adalah data dan informasi yang berasal dari Laporan Keuangan PT A tersendiri sebagai entitas yang terpisah dari anak-anak usahanya. Namun laporan keuangan yang harus dilampirkan Tuan Andi adalah laporan keuangan konsolidasian DAN laporan keuangan PT A sebagai entitas tersendiri. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam:

  1. Pasal 4 UU KUP
    Pasal 4 UU KUP menyebutkan bahwa:
    pasal 4
    Sementara itu penjelasan dari pasal tersebut menyebutkan:
    ayat 4a
  2. Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-19/PJ/2014
    Lampiran PER-19/PJ/2014 menyebutkan mengenai lampiran SPT Tahunan PPh:
    lampiran2

    Berdasarkan hal-hal di atas dapat disimpulkan bahwa dalam hal Wajib Pajak membuat laporan keuangan konsolidasian, yang dilampirkan dalam SPT Tahunan PPh Badan adalah laporan keuangan konsolidasian tersebut DAN laporan keuangan perusahaan tersendiri.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s