Usaha Tidak Pernah Menghianati Hasil

SORE ini saya sedikit terkejut ketika membuka dashboard di blog saya dan mengklik bagian iklan (WordAds). Saya terkejut ketika menyadari bahwa iklan-iklan yang dipasang oleh WordPress di blog saya sudah mulai menghasilkan. Meski belum banyak, tapi saya tetap bersyukur bahwa saya bisa menghasilkan sesuatu dari tulisan-tulisan saya. Meskipun sudah sering menerima upah ketik dari majalah pajak, tetapi menerima upah dari pemasangan iklan di blog sendiri adalah hal yang baru bagi saya. Dulu sempat ada salah satu majalah pajak memasang iklan di majalah saya, majalah tersebut meminta saya menempel banner iklan majalahnya, namun karena ada wanprestasi akhirnya banner tersebut saya lepas.

Sejujurnya saya sangat bahagia dan bersyukur, bahwa usaha yang saya lakukan diiringi dengan doa orang-orang terdekat saya (ibu, bapak, istri, dan keluarga) tidak sia-sia. Saya semakin yakin bahwa usaha memang tidak pernah menghianati hasil. Jika kita menginginkan hasil yang maksimal, maka berusahalah secara maksimal juga.

Menurut ilmu fisika, usaha didefinisikan sebagai hasil dari gaya dan perpindahan, sehingga diformulasikan dengan W = F.s dimana W = usaha, F = gaya dan s= jarak perpindahan yang bisa kita tempuh. Berdasarkan formula tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa S = W/F, atau jarak yang akan kita tempuh merupakan perbandingan antara usaha \dibagi dengan gaya yang kita lakukan. Agar jarak yang kita tempuh semakin besar/jauh, maka kita harus memperbesar usaha, namun harus memperkecil gaya. Jadi, banyak usaha namun sedikit gaya ya! 😛

Pada akhirnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pembaca blog saya, semoga tulisan saya memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, terutama kepada diri saya sendiri dan kepada para pembaca sekalian. Masih mengutip perkataan Pramoedya Ananta Toer, menulis adalah bekerja untuk keabadian, sampai detik ini saya masih ingin agar tulisan saya abadi, meskipun pada suatu hari nanti saya harus meninggalkan dunia ini. Semoga.

Advertisements

One thought on “Usaha Tidak Pernah Menghianati Hasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s