Pada Suatu Ketika Yang Telah Lama Kita Ketahui

BENAR kata Soe, pada akhirnya kita akan tiba pada suatu hari yang biasa, pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui kedatangannya: mati. Meski sudah lama kita ketahui kedatangannya yang pasti, tapi tak sedikit dari kita yang sering melupakannya. Mati mengajarkan saya banyak hal. Tentang kefanaan, tentang betapa tidak berartinya kita di hadapan Tuhan, dan tentang betapa dekatnya manusia dengan kematian itu sendiri.

Mati mengajarkan saya pada kemendakakan. Bahwa ia datang mendadak, seperti palu godam yang tiba-tiba dijatuhkan dari langit dan mengenai kepala kita. Mati mengajarkan saya betapa kita tidak punya kendali atas apapun, termasuk waktu. Bahwa waktu mati adalah waktu yang sengaja dipilihkannya, karena pada waktu itulah menurut-Nya kita akan mati di tempat, dengan cara yang pas dengan waktu yang terjadi ketika itu.

Mati mengajarkan saya tentang rasa syukur. Betapa hidup kita sudah sangat berkah, tidak peduli kaya atau miskin. Betapa hidup yang kita miliki, nafas yang masih bisa kita hirup, adalah anugerah yang harus senantiasa kita syukuri. Mati mengajarkan saya untuk terus berbuat baik kepada siapapun, karena kita tak pernah tahu kapan perjumpaan terakhir kita dengan orang itu.

Lalu mati membawa saya pada sebuah perenungan? Apa yang akan saya bawa ketika saya mati? Cililan motor yang belum lunas? Cicilan rumah yang baru saya mulai? Buku yang belum saya baca? Thesis yang tidak juga bisa saya a selesaikan? Aah bahkan mati pun sepertinya saya akan membawa kegelisahan-kegelisahan hidup. Saya ingin mati dengan tenang, membawa catatan baik selama saya hidup.

————————————————–

Buat Dini yang ditinggal ayahnya, semoga selalu diberi ketabahan dan kesabaran. Tetaplah menjadi Dini yang smart, tegar, dan kuat seperti biasanya. Ahey!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s