Suatu Senja di Ancol

SEJAUH yang saya ketahui, satu-satunya pantai yang dimiliki kota Jakarta hanya Ancol saja. Kepulauan Seribu bukan punya kota Jakarta, tapi punya DKI Jakarta sebagai sebuah provinsi. Jakarta bukanlah Phuket yang pantainya bisa kita temui dengan mudah, bahkan di belakang hotel tempat kita menginap sekali pun. Jakarta bukanlah Bali atau Lombok yang pantainya banyak, meski kotor dan tidak terawat. Jakarta adalah Jakarta. Kota metropolis yang manusianya bergerak cepat dari subuh sampai ke subuh lagi. Dan, Ancol, meski bibir pantainya pun tidak ada, adalah pantai yang layak dikunjungi di Jakarta.

Terletak di bagian barat kota Jakarta, Ancol sebenarnya bukanlah pantai yang ideal sebagaimana pantai pada umumnya. Bibir pantainya tidak jelas. Pun pengelolaannya yang dilakukan oleh pihak swasta, sehingga tiket masuknya lumayan mahal untuk tempat wisata berupa pantai. Pantas saja pada tahun 2013 pernah menjadi kontroversi mengenai tiket masuk Ancol yang mahal ini. Meski menuai kontroversi, toh Ancol tetap ramai dikunjungi masyarakat Jakarta. Karena masyarakat butuh tempat hiburan berupa pantai.

Saya pribadi senang mengunjungi Ancol saat senja. Sebenarnya tidak cuma Ancol, pantai manapun pasti indah saat senja. Plus saat malam, karena Ancol bisa dikatakan dikelilingi gedung-gedung, sehingga menambah suasana indahnya di malam hari.

IMG01225-20110816-1735  IMG01217-20110816-1728

IMG01220-20110816-1730  IMG01222-20110816-1733

 

Karena dekat dengan kota, wisata pantai Ancol juga menghadirkan banyak pilihan tempat makan yang harganya di atas rata-rata. Tempat makan favorit saya dan teman-teman saya adalah Bandar Djakarta, tempat makan seafood dengan menu yang bisa kita beli langsung di pasar ikan-nya dan bisa kita pesan mau dimasak seperti apa. Sebenarnya bukan konsep restoran seafood yang baru, karena kalau kita makan di Pantai Depok di Jogja pun sudah memiliki konsep yang sama, bahkan pasar ikannya benar-benar TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

ancol_3

ancol_6

Pademangan-20120316-00911

Yaah, karena pada dasarnya saya suka pantai, Ancol kadang menjadi alternatif saya saat kangen dengan pantai. Mari ke Ancol.

——————————————————————-

foto-foto oleh Randy, Surya, dan Zaki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s