Rangkaian Kejutan

Ada satu quote yang bagus dari bukunya Eloy Zalukhu yang berjudul Eloy. Quote tersebut berbunyi :

“Nasib akan membawa kalian seperti apa saja. Seperti Ina (ibu–red) yang tak pernah membayangkan akan menjadi istri keempat, dan terbuang setelah ayah kalian wafat …” Suara Ina semakin halus. Ia menunduk sebentar. “Hidup adalah serangkaian kejutan yang akan mempertanyakan kesiapan kalian. Di atas keadaan apa pun, jika kalian tetap menjadi diri sendiri dengan prinsip-prinsip yang kalian pegang teguh, hidup tidak akan merendahkan kalian …”

Saya setuju dengan isi kalimat di atas. Kita tidak tahu apa yang terjadi di depan kita. Hidup juga merupakan serangkaian kejutan. Namanya kejutan, ya datangnya tiba-tiba tanpa kita ketaui sebelumnya. Namun anehnya kadang kita menyadari kejutan itu, karena kita larut dalam kecongakan kita sebagai manusia yang kadang terlalu sombong untuk menyadari bahwa itu adalah kejutan yang juga anugerah.

Siapa sangka anak dusun kecil yang untuk bersekolah hingga SMA lalu melanjutkan kuliah adalah sebuah mimpi yang sangat besar seperti saya ini, sekarang benar-benar kesampaian bisa kuliah dan bekerja menjadi abdi negara. Tanpa saya sadari, hidup memberi saya kejutan-kejutan. Kadang kejutan kecil, tak jarang kejutan besar yang menguji kesiapan saya dengan perubahan yang sangat mendadak.

Seperti yang dikatakan Ina dalam quote di atas, yang diuji adala kesiapan kita menerima kejutan itu. Jangan terlena dengan kekayaan kita karena bisa diambil kapan pun oleh Yang Maha Kuasa. Jangan terlena dengan jabatan yang tinggi, karena bisa dicopot-Nya kapan pun Dia mau. Jangan terlalu bersedih dengan kemiskinan dan kesusahan kita, karena siapa tau dengan melihat usaha dan jerih payah kita, Dia akan mengulurkan tangannya dan mengubah kemiskinan dan kesusahan kita.

Hidup adalah tentang bersyukur atas kondisi apapun. Karena pada dasarnya kondisi apapun yang kita peroleh adalah berkah. Berkah terbesar adalah kehidupan itu sendiri. Percuma harta banyak dan jabatan tinggi jika kita tidak hidup, atau jika kita sakit-sakitan. Maka, hidup adalah tentang bersyukur.

———————————————

Bintaro, 15 November 2013

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s