Warung Bu Sally

Baiklah, karena malam ini malam Rabu, mungkin saya akan sedikit bercerita tentang sesuatu, dari pada saya ngupil, haha, nggak nyambung.
Tabloid Tempo edisi minggu ini (9-15 September 2013) salah satunya membahas mengenai Bapak Yus Badudu. Ada yang masih ingat? yang saya ingat dari beliau adalah dulu buku teks Bahasa Indonesia jaman saya SD karangannya beliau.

Tapi bukan itu yang mau saya ceritakan sih, meskipun masih agak nyerempet-nyerempet ke sana juga. Masih tentang pelajaran Bahasa Indonesia. Saya masih ingat banget jaman saya SMA, di buku teks Bahasa Indonesia ada cerpen N.H. Dini yang berjudul Warung Bu Sally. Yang paling berkesan bagi saya adalah, meskipun bu Sally itu buta huruf, namun ibu Sally mampu mengeja namanya, Sally–dengan i grek. Meskipun dari cerpen tersebut dapat kita ketahui bahwa bu Sally bisa mengeja namanya bukan karena belajar baca tulis, tapi dari anak-anak sekolah yang suka mampir makan di warungnya.

Nama asli Bu Sally adalah Saliyem. Namun sengaja diubah menjadi Sally–oleh anak-anak sekolah yang suma mampir makan di warungnya–agar kedengarannya keren. Alur cerpen ini agak membingungkan, karena maju-mundur. Namun cerpen ini menggambarkan sosok bu Sally yang meskipun buta huruf namun bijaksana, polos, dan jujur.

Novel ini juga sedikit banyak menuturkan pesan agar ibu-ibu mengikuti KB. Karena cerpen ini diawali dengan adegan Bu Sally yang sedang memeriksakan kehamilannya ke puskesmas, dan pulang dengan perasaan lega karena ternyata tidak hamil.

Mengingat mata pelajaran Bahasa Indonesia saat SMA selalu membawa saya kepada kenangan tentang Bu Sally 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s