Sakit

TERNYATA manusia sama seperti mesin. Ketika digunakan terus menerus tanpa istirahat, pada akhirnya KO juga. Ketidakmampuan itu diejawantahkan dalam wujud sakit. Kita memaknai sakit selalu dari dua sisi, sisi kasih sayang dan sisi teguran. Sakit adalah kasih sayang karena dengannya Tuhan membiarkan kita beristirahat dari rutinitas-rutinitas dan tekanan-tekanan. Namun sakit juga adalah teguran, bahwa selama ini kita lupa untuk sekedar beristirahat.

Lebaran tahun ini memang sedikit berbeda dari lebaran-lebaran tahun sebelumnya. Saya baru kebagian tiket mudik pas malam takbiran berkumandang alias malam lebaran. Alhamdulillah sih ya masih dapat tiket. Sampai di rumah sekitar jam 11 malam, kemudian saya ngobrol-ngobrol sebentar dengan ibu dan sepupu sampai jam 1 malam. Keesokan shubuhnya, sekitar jam 5 pagi saya harus mandi karena akan melaksanakan sholat ied. Selesai sholat ied bersilaturahim dengan keluarga dan tetangga, serta nyekar ke makam mbah dan leluhur. Siangnya sholat Jumat, karena memang lebaran jatuh di hari Jumat dan setelahnya masih melanjutkan acara silaturahim. Kegiatan tersebut diselingi makan dan minum dengan varian yang beraneka macam tanpa disaring. Semuanya dimakan, masuk ke perut. Keesokan paginya kami sekeluarga harus bepergian lumayan jauh untuk bersilaturahim dengan sejawat yang lokasinya lumayan jauh.

Lalu beberapa hari kemudian saya pun tumbang. Demam menyerang, mual, pusing dan lemas. Saya ke dokter dan didiagnosis sebagai gejala typhus. Keesokan paginya saya ke rumah sakit untuk membuktikan diagnosis dokter itu. Setelah tes lab, ternyata saya malah divonis Demam Berdarah. Dan sekarang saya berbaring di ranjang pesakitan di rumah sakit ini karenanya.

Alhamdulillah, Allah masih sayang sama saya hingga saya diberi waktu untuk beristirahat lebih lama karena seharusnya saya memang sudah kembali masuk kerja sejak kemarin. Dan Alhamdulillah, saya punya asuransi yang mengcover seluruh biaya rumah sakit.

———

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s