Serunya Mengelola Buku Sendiri

BEBERAPA bulan yang lalu komputer jinjing (laptop) saya harus diganti karena rusak. Pergantiaan komputer tersebut tidak menjadi masalah sampai saya membeli beberapa buku baru. Sebelumnya saya biasa merekam buku-buku saya menggunakan aplikasi BookDB yang dikeluarkan oleh Spacejock. Namun ternyata aplikasi tersebut tidak compatible di komputer saya yang baru mengingat berbeda platformnya. Alhasil saya harus mencari aplikasi lain yang sejenis di platform yang ada. Setelah saya install Aplikasi yang baru dan saya mencoba mengimport data buku-buku saya dari BookDB, beberapa kali gagal sampai saya menyerah dan frustasi. Akhirnya saya memilih untuk merekam kembali buku-buku tersebut satu persatu.

Kali ini saya menggunakan Aplikasi Book Hunter yang dijual secara gratis. Awalnya saya sedikit pesimis mengingat buku yang harus saya input tidak sedikit, bisa dibilang cukup banyak. Namun ternyata oh ternyata, aplikasi Book Hunter ini sangat membantu dengan cukup menginput ISBN nya saja.

Aplikasi Book Hunter. Gambar dari sini

Tidak hanya sekedar menginput ISBN kemudian aplikasi akan mencari data buku tersebut secara online di amazon.com, aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat pemindai ISBN melalui kamera, semacam pemindai barcode. Sehingga saya cukup menscan barcode yang ada di buku, maka field-field yang harus diisi otomatis terisi dengan sendirinya, termasuk tanggal penerbitan dan harga buku. Lengkap kan?

image

Garis-garis merah tersebut merupakan pemindai barcode ISBN

image-3

Saya sedang memindai barcode

Aplikasi ini gratis, mudah diinstall dan mudah dipergunakan. Kita cukup menyediakan jaringan internet saja agar aplikasi bisa mencari data buku yang kita pindai di internet.

image-2

 image-7

Kerempongan saya memindai buku 😀

Dan kegiatan ini sekalian saja saya satukan dengan bersih-bersih buku dan rak buku sehingga buku saya kembali menjadi rapi dan bersih dari debu seperti gambar di bawah ini. Sepertinya saya butuh rak buku baru, atau kardus untuk menyimpan buku-buku lama. Ada yang mau mendonorkan? hehe

image-6

Secara pribadi saya merekomendasikan Book Hunter ini bagi pembaca yang mengoleksi buku dan ingin membuat katalognya secara mudah dengan data yang super lengkap. Terutama bagi pembaca yang menggunakan platform OSX Yosemite.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s