Stop Budaya Kekerasan, atau Stop Kekerasan?

DI SALAH satu pertigaan jalan yang harus saya lalui saat saya pulang dari kantor, saya melihat sebuah baligo berukuran sedang bertuliskan STOP BUDAYA KEKERASAN!. Di atas tulisan tersebut terdapat gambar yang setelah saya ingat-ingat merupakan logo Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bukan tentang letak baligo tersebut yang ada di pertigaan atau bukan tentang gambar yang ada di baligo tersebut, tetapi ini adalah tentang tulisan di baligo tersebut.

Alih-alih memikirkan pesan yang ingin disampaikan baligo tersebut, saya justru memikirkan tentang penggunaan kata budaya dalam baligo tersebut. Menurut saya penggunaan kata budaya tersebut sedikit kurang tepat. Memang tidak salah sih, secara tata bahasa sepertinya tidak menyalahi aturan. Namun, saat saya–yang orang awam ini–membaca baligo berbunyi stop budaya kekerasan, yang akan saya pikirkan segera setelah membaca baligo tersebut adalah:

1) saya harus menghentikan budaya kekerasan
2) kekerasan sudah menjadi budaya
3) adalah hal yang biasa melakukan kekerasan di Indonesia karena kekerasan adalah budaya
4) saya harus menghentikan budaya? Apa saya bisa?

Empat hal di atas langsung saya pikirkan begitu saya membaca baligo tersebut. Mungkin saya salah karena saya terlalu berlebihan mengartikan kata budaya. Tapi saya berkesimpulan bahwa penggunaan kata budaya pada baligo tersebut tidak tepat, karena secara tidak langsung justru membuat saya berpikir bahwa kekerasan tidak dapat dihentikan karena sudah menjadi budaya. Apa saya salah? mungkin saja. Menurut hemat saya, baligo tersebut sebaiknya berbunyi stop kekerasan saja, tanpa embel-embel budaya. Sehingga orang yang akan membacanya (terutama saya) akan berpikir:

1) saya harus menghentikan kekerasan
2) titik.

Pertanyaan saya, apa yang Anda pikirkan saat membaca baligo di pertigaan dan berbunyi Stop budaya kekerasan?

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s