Lapor SPT Tahunan Bisa Dilakukan Melalui Telepon

PERKEMBANGAN teknologi dewasa ini terjadi dengan sangat pesat dan tidak bisa kita hindari. Dengan teknologi peradaban dan kehidupan manusia menjadi semakin mudah, murah, dan efisien. Jaman dulu kala untuk bertemu dengan seseorang kita harus membuat janji temu untuk bertemu dengan orang tersebut di suatu tempat dalam waktu tertentu. Sementara sekarang, bertemu dengan seseorang bisa kita lakukan tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita.

Perkembangan teknologi tersebut juga dimanfaatkan oleh DJP dalam menggali kemauan Wajib Pajak agar patuh, terutama dalam pelaporan SPT Tahunan. Jika dulu lapor SPT harus dilakukan dengan formulir kertas, diisi  dan ditandatangani, serta disampaikan ke KPP terdaftar, maka sekarang SPT sudah bisa disampaikan melalui banyak saluran. Sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU KUP dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 243/PMK.03/2014, SPT Tahunan dapat disampaikan dengan cara:
1. Langsung
2. Melalui pos tercatat
3. Melalui cara lain yang meliputi :
3a. menggunakan jasa kurir/ekspedisi
3b. melalui website DJP (e-Filing DJP)
3c. melalui website penyalur SPT elektronik (e-Filing melalui penyedia ASP)
3d. melalui saluran suara digital yang ditetapkan oleh DJP untuk Wajib Pajak tertentu
3e. melalui jaringan komunikasi data yang terhubung khusus antara DJP dengan Wajib Pajak
3f. melalui saluran lain yang ditetapkan oleh Dirjen Pajak

Penyampaian SPT dengan menggunakan e-Filing (baik melalui website DJP maupun melalui penyedia ASP) bukanlah hal yang baru mengingat sudah dilakukan sejak 2012. Sementara penyampaian SPT melalui saluran suara digital yang ditetapkan oleh DJP merupakan hal yang sangat baru di Indonesia. Penyampaian SPT Tahunan melalui saluran suara digital, adalah pelaporan SPT bagi Wajib Pajak tertentu melalui sambungan telepon. Wajib Pajak tidak perlu mengisi formulir apapun, karena formulir akan diisi ketika Wajib Pajak tersebut menghubungi DJP melalui telepon. Tata cara penyampaian SPT Tahunan melalui saluran suara digital yang ditetapkan oleh DJP adalah sebagai berikut:
a. Wajib Pajak yang berhak menggunakan SPT Tahunan 1770SS dan telah memiliki e-FIN dapat menyampaikan SPT Tahunan tersebut secara elektronik melalui saluran suara digital DJP
Belum ada ketentuan apakah Wajib Pajak menyampaikan SPT tahunan nya melalui Kring Pajak 1500200 atau melalui nomor telepon lain. Dalam gambaran saya, ketika menghubungi nomor tersebut, Wajib Pajak akan terhubung dengan mesin interactive voice response (IVR) dan mesin IVR akan memberikan panduan cara pengisian formulir SPT.
b. Wajib Pajak mengisi SPT elektronik pada aplikasi saluran suara digital dengan cara memberikan respon berupa penekanan tombol telepon (keypad) atau pengucapan kata-kata atas pertanyaan/perintah yang diberikan pada aplikasi saluran suara digital
c. Hasil pengisian SPT elektronik melalui aplikasi saluran suara digital dianggap lengkap apabila seluruh elemen data digitalnya telah diisi
d. Dalam hal pengisian SPT elektronik dinyatakan lengkap, kepada Wajib Pajak diberikan bukti penerimaan elektronik
Belum diketahui juga apakah bukti penerimaan elektronik ini dikirimkan melalui email atau langsung melalui telepon. Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, mungkin akan terbit peraturan penjelas dari PER-03/PJ/2015.

Cara pelaporan SPT melalui pesawat telepon dan dilakukan secara mandiri oleh Wajib Pajak merupakan terobosan yang baru dan berani yang ditempuh oleh DJP, mengingat resiko kesalahan yang akan terjadi cukup besar. Namun cara ini tentu saja akan sangat mudah dan murah bagi Wajib Pajak, juga mengurangi efforts DJP dalam melayani Wajib Pajak (effortless). Semoga cara ini bisa memberikan pengaruh yang signifikan dalam upaya peningkatan kepatuhan WP.
Semoga bermanfaat

_________________________
referensi:
1) UU KUP
2) PMK 243/PMK.03/2014
3) PER-03/PJ/2015
4) PER-04/PJ/2015
5) PER-05/PJ/2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s