Terima Kasih Untuk Inspirasi Itu, Teman!

YOU’RE the meaning in my life
You’re the inspiration
You bring feeling to my life
You’re the inspiration
(Chicago-You’re The Inspiration)

Sepertinya saya memang kurang bersyukur. Bagaimana tidak, hidup saya dikelilingi oleh orang-orang luar biasa yang menginspirasi, namun masih suka mengeluh. Direktorat Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan (PKP) merupakan salah satu tempat sumber inspirasi itu. Direktorat PKP  merupakan salah satu unit eselon II di DJP. Salah satu bagiannya bermana Subdit Potensi Perpajakan, tempat saya dulu pernah bekerja dan menimba ilmu di sana. Hampir setiap hari saya bisa belajar ilmu baru, bukan hanya tentang pajak, tetapi juga ilmu-ilmu yang lainnya. Karena setiap hari saya bisa belajar di sana, saya sampai tidak bisa membedakan itu sekolah atau kantor tempat saya bekerja.

Subdit Potensi bisa saya sebut sebagai tempat orang hebat berkumpul. Pekerjaan utama kami di sana, sesuai namanya, menggali potensi pajak di semua sektor di semua tempat di Indonesia. Tidak peduli itu sektor yang berkelas maupun sektor ecek-ecek, tidak peduli itu di pusat kota Jakarta atau di pelosok negeri sekalipun. Kami adalah kumpulan orang-orang haus data, mengejar potensi kemana-mana, demi tercapainya target penerimaan pajak.

Saya banyak belajar dari senior-senior saya di sana. Tentang teknik penggalian potensi, tentang modus operandi, bahkan saya belajar bagaimana menggali informasi tanpa diketahui oleh pemilik informasinya. Saya dikelilingi orang-orang hebat yang luar biasa. Tanpa disadari, saya pun ikut tertular. Tertular semangat, militansi, dan kejujuran mereka dalam mengabdi kepada negara. Semangat itulah yang selalu saya simpan, kemudian saya pergunakan dalam bekerja. Kalau soal militansi, biar-lah saya simpan dulu saja, karena tempat saya bekerja sekarang tidak membutuhkan militansi semacam itu.

Saya memang kurang bersyukur, dikelilingi orang-orang hebat seperti mereka, namun masih suka mengeluh. Masih merasa capek, padahal kerja tidak seberapa dibandingkan apa yang sudah mereka lakukan untuk negara. Terima kasih untuk inspirasi itu, teman.

——————————————-
Terima kasih untuk selalu berbagi semangat: Mas Hari, Bang Oges, Alm. Bang Tumpal, dan Pak Tirto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s