Problem Solving Training for Baby

Bayi Adli saat ini telah menginjak usia 4 bulan, dimana di usia tersebut bayi seharusnya sudah lebih aktif bergerak dan lebih banyak ‘ngoceh’, sudah bisa menegakkan kepala dan mulai berlatih tengkurap. Ocehannya tidak sekedar berbunyi ‘ooo … ooo’ atau ‘aaa … aaaa’ kini ocehan bayi Adli sudah bervariasi dengan nada yang berbeda untuk setiap keinginan. Misalnya saat ingin nenen berbeda dengan ocehan saat ngantuk, tangisan saat pup berbeda dengan tangisan saat bete/gerah. Tenaganya sudah semakin kuat, senang menendang-nendangkan kaki, menoleh-nolehkan kepala dan menggerak-gerakkan tangan.

Di usia 4 bulan, bayi sudah bisa diajak spa. Setelah mencari-cari tempat spa yang murah dan bagus, akhirnya pilihan kami jatuh ke RSIA Muhammadiyah Taman Puring di Jakarta Selatan. Menurut bidannya sih spa sudah bisa dilakukan di usia 3 bulan bagi bayi yang lahir di usia kandungan normal (>40w), sedangkan bagi bayi yang lahir prematur spa bayi baru bisa dilakukan di usia di atas 5 bulan.

Dengan biaya Rp125 ribu, bayi Adli sudah mendapatkan pijat selama 30 menit dan renang selama 15 menit atau dapat diperpanjang jika bayi suka. Ternyata teknik pemijatan yang dilakukan sedikit berbeda dengan yang selama ini dilakukan mbah uti-nya bayi Adli di rumah. Alhamdulillah istri saya belajar banyak dari pemijatan ini. Dan bayi Adli juga terlihat senang dan bahagia saat dipijat. Pemijatan dimulai dari kaki, tangan, wajah serta punggung.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah 30 menit pemijatan, dilanjutkan dengan berenang. Terlebih dahulu bayi Adli dipakaikan pelampung yang membatasi kepala dan badannya, agar kepalanya tidak tenggelam saat berenang. Air hangat dan alunan lagu-lagu anak telah terlebih dahulu disiapkan.

Ajaibnya, begitu menyentuh air, bayi Adli sudah refleks menggerak-gerakkan kakinya. Bayi Adli terlihat sangat kegirangan, karena sejak lahir memang suka dengan air. Bidan yang membantu pun mengatakan jika bayi Adli sudah memiliki bakat berenang, tinggal dikembangkan saja dengan di-spa secara rutin.

1110987612

Ternyata pemijatan yang telah dilakukan sebelumnya berfungsi untuk melemaskan otot-otot dan merangsang gerakan bayi. Renang, selain berguna agar bayi lebih aktif bergerak juga ternyata memiliki banyak manfaat. Melatih kepercayaan diri, melatih agar bayi bisa berjalan pada waktu yang tepat (tidak terlambat karena kaki kurang dilatih gerak) serta melatih bayi memiliki kemampuan problem solving. Saat masuk ke air, bayi harus bisa mengambil keputusan apakah akan diam di tempat atau menggerak-gerakkan kaki dan tangannya. Inilah yang dimaksud dengan problem solving training. Selain itu bayi yang aktif dan mampu menggerak-gerakkan kaki dan tangan saat berenang cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Orang tua/pemandu bisa membantu menggerak-gerakkan air agar bayi lebih aktif bergerak. Renang dilakukan selama 15 menit atau dapat diperpanjang jika bayi terlihat bahagia dan menikmati. Dan bayi Adli menghabiskan waktu 30 menit sendiri untuk berenang. Alunan lagu-lagu anak dan bola-bola berwarna-warni membantu bayi agar lebih aktif saat berenang.

Berenang menghabiskan energi yang banyak bagi bayi. Oleh karena itu segera setelah berenang bayi agar diberikan asupan asi/susu, setelahnya bayi dapat tidur nyenyak karena telah beraktivitas yang lebih dari biasanya.

Bayi Adli terlihat senang dan bahagia saat berenang, mami dan papinya pun terlihat girang bukan main saat melihatnya. Bagi ayah atau bunda yang memiliki anak di atas 3 bulan, maka spa bayi bisa dijadikan alternatif hiburan dan sarana berlatih bagi bayi. Kuy!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s